Tretes Corak Cincin Batu Akik Berkesan Mewah



    Tretes adalah sebuah sebutan untuk tebaran intan atau berlian sebagai simbol kemewahan pada tempo doeloe. Biasanya melingkari sebuah batu akik yang dibanggakan pemiliknya. butiran kecil berupa berlian itu melingkari batu akik dengan tebaran dari yang kecil hingga besar butirannya. Tebaran itu sehingga memberi kesan gemerlap dan kemewahan. Tretes dapat berupa intan atau berlian. Dewasa ini banyak tretes yang berupa imitasi berlian dan intan itu namun tetap menawan karena sama memancarkan cahaya kemewahan.
Tretes pada zaman doeloe hanya dimiliki oleh putri-putri keraton dan pangeran muda. Setelah usia lanjut jarang laki-laki memakai tretes karena tak pantas untuk orang tua yang seharusnya mulai kawentar dan bijaksana.

 
 Sebaiknya tretes melingjkar pada batu akik yang memancarkan warna sehingga takl kalah batu akik sebagai fokus penglihatan dari pada tretesnya.

 
 Tretes hanya penghias cincin, yang lebih diutamakan adalah batunya, namun mungkin juga kesannya akan bertambah kuat jika tretyes itu serasi dengan batunya/
 

 Tretes dengan warna batu yang kontras sangat sesuai untuk dipakai pada saat kondangan atau menghadiri resepsi lainnya.








 

 


 

 
















Tretes demikian membuat manis dan keserasian sebuah batu akik. Bagi mereka yang mengenakannya terkesan ningrat dan termasuk kalangan menengah ke atas.