Hijaunya Batu Klawing Miliki Ciri Tersendiri









 



 

 Oleh Rg Bagus Warsono

Hijaunya akik klawing memiliki ciri tersendiri dibanding dengan hijau pada batu akik dari daerah lain. Akik Klawing termasyur adalah Naga Suwi yang merupakan pancawarna bergambar mirip apa yang terdapat pada ular naga. Naga Suwi ini ditemukan setelah batu akik bahan dibuat batu bincin atau bandul kalung. Batu akik  klawing yang berwarna dan terdapat tembus cahaya yang menyeluruh dan bening adalah naga suwi yang benar-benar kali klawing.
Klawing berikutnya yang terkenal adalah pancawarna dimana terdapat beberapa warna dari sebuah batu . Pancawarna menjadi favoriet dikarenakan tidak dimiliki pada jenis batu sejenis di daerah lain.
Klawing yang mulai terkenal adalah hijau klawing yakni mirip batu bacan tetapi lebih tua hijaunya. Kemudian juga pada diri klawing hijau klawing slalu dicampur babarapa warna lain seperi kuuning dan merah sehingga hijau batu akik klawing tidak sempeurna hijaunya. Justru keadaan ini adalah yang membuat ciri hijau akik klawing menjadi khas dan unij. warnanya jarang ditemukan hijau bening kebanyakan hijau butek.